Home > Berita IT > ANTISIPASI KEAMANAN CYBER DI ERA DIGITAL

ANTISIPASI KEAMANAN CYBER DI ERA DIGITAL

JAKARTA – Isu keamanan cyber menjadi sangat penting dalam upaya menuju ekonomi digital. Aspek keamanan informasi kini menjadi salah satu agenda utama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) guna mengantisipasi era digitalisasi.

“Bagaimana kesiapan kita, pemerintah, untuk menghadapi teknologi ke depan, karena perkembangan teknologi informasi tidak bisa dibendung, kita harus antisipasi,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika, Kemkominfo Bambang Heru Tjahjono, di Jakarta, Senin (28/03/2016).

Saat membuka Seminar dan ‘Workshop Cybersecurity Capacity in Indonesia’ di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, Bambang menyatakan, perkembangan teknologi informasi yang pesat dan tidak bisa dibendung.

“Salah satu terpenting menuju ekonomi digital ke depan adalah keamanan cyber. Maka semua itu tidak lepas dari bagaimana pemerintah melindungi data-data privasi. Tentunya risiko ini yang harus kita hadapi berikutnya ke depan,” tuturnya sebagaimana disitat dari laman Kominfo.

Diungkapkannya, pemerintah sudah membuat dan menjalankan roadmap tersebut di era online dan era digitalisasi serta antisipasi informasi-informasi dari luar.

Ia mencontohkan misalnya berkaitan dengan transportasi berbasis online yang baru-baru terjadi, dan juga siap-siap menghadapi yang terkait dengan hotel, kesehatan, apotek yang berbasis online.

“Kalau itu semuanya online maka kita harus mengantisipasi yang terkait dengan keamanan data. Begitu juga meningkatnya konsumen internet ke depan,” kata Ditjen Aptika tersebut.

Dalam seminar hasil kerjasama Kemkominfo dengan Universitas Oxford dan Universitas Telkom itu, Bambang berharap dapat menghasilkan white paper mengenai kapasitas keamanan cyber di Indonesia untuk menghadapi era digitalisasi.

Sumber : http://techno.okezone.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*